INSAN CENDEKIA KOMUNITAS BELAJAR SMK NEGERI 1 BELINYU

INSAN CENDEKIA

KOMUNITAS BELAJAR SMK NEGERI 1 BELINYU

 


Jumat, 26 Juli 2024, SMK Negeri 1 Belinyu untuk pertama kalinya melaksanakan kegiatan Komunitas Belajar (Kombel) Insan Cendekia”. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi dan sinergi para guru sekaligus salah satu bentuk pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Acara yang berlangsung di ruang pertemuan sekolah ini dihadiri oleh Kepala Sekolah dan 23 guru. Kombel perdana ini difokuskan pada desain instrumen laporan kinerja wali kelas serta pemaparan rencana kerja Komunitas Belajar.

Acara dibuka dengan presentasi dari Kepala SMK Negeri 1 Belinyu, Suparyanto, S.Pd., M.A.P.  yang memaparkan desain instrumen laporan kinerja wali kelas yang beliau rancang sederhana, praktis, dan nantinya mudah diterapkan. Desain ini bertujuan untuk memudahkan wali kelas dalam melaksanakan kinerja tambahan mereka, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih optimal bagi perkembangan siswa.



Sebelum memulai pemaparan, acara diawali dengan aksi spontanitas dari beberapa guru. Kepala SMK Negeri 1 Belinyu memulai dengan mengajukan dua pertanyaan penting yang memicu diskusi interaktif:

  1. Apa yang Bapak/Ibu rencanakan dalam membantu siswa belajar di kelas perwalian Bapak/Ibu?
  2. Apa yang Bapak/Ibu rencanakan untuk membantu kinerja wali kelas agar optimal?

Respon dari beberapa guru sangat beragam dan antusias. Beberapa guru yang bertugas sebagai wali kelas menyampaikan rencana mereka untuk meningkatkan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif, guna memotivasi siswa belajar lebih giat. Guru lain berbagi strategi mereka dalam mengembangkan program mentoring yang lebih efektif, serta pentingnya pendekatan personal untuk memahami kebutuhan dan potensi masing-masing siswa.

Guru yang bukan wali kelas juga tidak ketinggalan. Mereka menyampaikan ide-ide untuk mendukung kinerja wali kelas. seperti program pelatihan khusus bagi wali kelas, Diskusi ini menunjukkan komitmen dan semangat para guru dalam mendukung terciptanya lingkungan belajar yang kondusif dan produktif di SMK Negeri 1 Belinyu.

Desain instrumen yang dirancang oleh Kepala Sekolah ini mencakup beberapa aspek penting; seperti kehadiran, keterlibatan dalam kegiatan sekolah, pelaporan masalah siswa, serta kegiatan pengembangan diri yang dilakukan dan diikuti. Semua aspek ini dirumuskan dalam format yang mudah dipahami dan diisi oleh para wali kelas. Dengan adanya instrumen laporan kinerja yang sederhana dan rencana kerja yang jelas, diharapkan para guru dapat lebih fokus dalam melaksanakan tugasnya. Kepala sekolah juga menyampaikan bahwa instrumen ini akan dilaporkan setiap satu semester dan nantinya yang akan diunggah oleh wali kelas di aplikasi PMM ( https://guru.kemdikbud.go.id/pengelolaan-kinerja )  sebagai salah satu bukti kinerja guru.

Setelah presentasi kepala sekolah, acara dilanjutkan dengan pemaparan rencana kerja Komunitas Belajar (Kombel) oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Humas dan Sarpra, Ibu Ansy Gramazella, S.Pd. yang juga sekaligus Ketua Kombel “Insan Cendekia”. Beliau memaparkan berbagai agenda kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kombel selama satu semester ke depan. Rencana kerja ini disusun bersama dengan Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Ibu Muslikatun, S.Pd. dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru serta meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Belinyu.

Rencana kerja Kombel mencakup berbagai kegiatan berbagi praktik baik yang telah dijadwalkan setiap hari Jum’at. Setiap kegiatan berbagi praktik baik dirancang untuk memberikan wawasan baru, keterampilan praktis, dan kesempatan untuk berbagi pengalaman antar guru.

Acara Kombel kali ini mendapatkan respon yang positif dari para peserta. Guru-guru terlihat antusias dan bersemangat mengikuti setiap sesi. Mereka menyadari bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi pengembangan pribadi mereka, tetapi juga berdampak langsung pada peningkatan kualitas pendidikan di SMK Negeri 1 Belinyu.

Acara selesai, Kepala Sekolah menutup dengan menyampaikan harapannya agar Kombel dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana. Beliau juga mengajak seluruh peserta untuk aktif berpartisipasi dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk belajar dan berbagi. (DP)


Back To Top